Yang Terpilih

Yang namanya mahluk hidup pasti membutuhkan makan, tak terkecuali manusia. Kebutuhan akan makanan akan dapat terpenuhi apabila manusia itu sendiri memiliki pekerjaan, sebab dari hasil pekerjaan itulah manusia bisa mendapatkan makanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Seiring berjalannya waktu  populasi manusia juga semakin meningkat dan bertambah jumlahnya, dimana hal demikian itu akan berdampak langsung terhadap kesediaan lapangan pekerjaan, ketika lapangan pekerjaan dalam bentuk pertanian sudah tidak mampu lagi menampung jumlah manusia maka bentuk pekerjaan lain diciptakan salah satunya yaitu industry baik itu industri kecil, menengah dan industri besar.

Semua itu diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan manusia dalam bidang pekerjaan, dengan berdirinya berbagai macam bentuk industri tersebut telah membawa dampak yang positif bagi kebutuhan lapangan pekerjaan khususnya. Dimana hal tersebut telah dapat menekan angka pengangguran, meningkatkan sumber pendapatan bagi penduduk atau pekerja dan mengurangi jumlah kemiskinan.

Namun dibalik itu semua, perlu ada kesadaran dari semua kalangan baik itu yang membangun, yang bekerja atau yang tidak bekerja dibidang industri tersebut. Bahwa berdirinya industri tersebut tidak selamanya membawa kepada hal yang positif, namun ada pengaruh negatifnya juga sangatlah besar.

 

Dengan berdiri berbagai macam bentuk industri tersebut air sungai yang dulunya bersih dan jernih kini menjadi kotor serta warnanya berubah karena terkontaminasi oleh limbah dari industri tersebut disamping pembuangan sampah ke sungai oleh penduduk itu sendiri. Industri dalam kegiatannya cukup banyak mengeluarkan asap sehingga udara yang bersih menjadi kotor dan tercemar. Tanah yang subur menjadi kehilangan kesuburannya karena terkontaminasi dengan lebih industri.

Hal itu semua sangat berpengaruh pada kehidupan semua mahluk hidup, tak terkecuali manusia itu sendiri. Air yang merupakan kebutuhan pokok manusia untuk hidup, jika air tersebut sudah tercemar dan kotor tentu kesehatan manusia itu sendiri yang mengkonsumsi air tersebut menjadi masalah sebab air itu sendiri sudah menjadi sumber dari penyakit. Tanah yang kehilangan tingkat kesuburannya akan berdampak langsung pada hasil panen pertanian, sehingga bisa menimbulkan krisis pangan di kemudian hari jika hal ini tidak diambil tindakan secara dini. Begitu juga dengan udara yang sudah kotor akan membuat manusia sangat rentang dengan berbagai macam penyakit seperti TBC, paru, kulit dan lainnya.

Berangkat dari masalah demikian perlu adanya sebuah tindakan yang lebih bijak untuk membaca situasi dan kondisi demikian. Setiap industri yang akan dibangun pada perlu ditinjau dan dipilih apakah industri tersebut membawa dampak negative yang tinggi terhadap lingkungan atau tidak. Setiap industri tidak dibenarkan dibangun di sembarang tempat yang tidak memperhitungkan akan dampaknya terhadap lingkungan, sehingga kehidupan mahluk hidup yang berada dekat industri tersebut menjadi bermasalah.

Maksud dari industri yang terpilih dan terpilah adalah semua industri yang memberikan dampak negative yang besar terhadap keberlangsungan dan kelestarian lingkungan perlu dicegah keberadaannya dan dihentikan kegiatannya. Namun apabila industri yang tidak merusak lingkungan perlu dipertahankan keberadaannya serta industri yang seperti inilah yang perlu di tumbuh kembangkan. Bukan berarti industri itu tidak boleh dibangun dan berdiri, mau dibangun silahkan saja, asalkan lingkungan hidup tidak rusak karena keberadaan industri tersebut.

Manusia tidak hanya boleh memikirkan pekerjaannya saja, akan tetapi manusia juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keamanan, kelestarian dan kelangsungan hidup alam sekitar yaitu lingkungan dimana mereka dilahirkan didalamnya, beradaptasi dengannya dan hidup di dalamnya.

Tinggalkan Balasan