Persiapan Seleksi CPNS 2018 dengan Aplikasi Berbasis CAT

Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) telah resmi diumumkan mulai dari 26 September 2018 lalu sampai dengan 15 Oktober 2018 setelah ada kebijakan perpanjangan masa pendaftaran dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional) setelah adanya rapat dari Panselnas (Penitia Seleksi Nasional) tertanggal 03 Oktober 2016.

Tentu saja, untuk menghadapi CPNS diperlukan berbagai persiapa, mulai dari persiapan administrasi sesuai dengan formasi yang dituju, dan itu sekaligus menjadi tahapan I dalam proses seleksi menjadi PNS. Salain itu juga diperlukan persiapan kemampuan atau kompetensi baik itu kompetensi dasar dan kompetensi bidang masing. Oleh karena itu, proses ini juga dikataka sebagai tahapan II, yaitu SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan tahap III, yaitu SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Untuk SKD akan dilakukan dengan system CAT (Computer Assissted Test) dengan Passing Grade yang telah ditentukan. Begitu juga sebenarnya dengan SKB, tentu juga punya passing gradenya.

Yang menariknya adalah persoalan SKD, dimana dapat diistilahkan dengan tiket masuk untuk kemudian mengikuti seleksi Tahap III yang sudah dikembalikan ke Instansi masing-masing dan tetap dalam pengawasan pusat. Dan SKD ini menjadi hantu besar karena ia terdiri dari 3 (tiga) bidang variable, yaitu Kemampuan Intelegensi Umum, Kepribadian dan Wawasan Kebangsaan, atau biasanya disingkat dengan TIU, TKW dan TKP.

Dalam postingan ini saya akan berbagi pengetahuan untuk beberapa materi yang dapat diakses melalui Play Store dalam upaya mengikuti tahap II (Seleksi Kompetensi Dasar) berupa TIU, TKW dan TKP. Dan aplikasi ini semuanya sudah seperti CAT (Computer Assissted Test) nantinya.

Secara keseluruhan Anda dalam mengaksesnya di Play Store Klik Di sini. Dan akan muncul berbagai pilihan aplikasi yang dapat membantu anda, seperti gambar di bawah ini:

Dari keseluruhan aplikasi yang ada, saya merekomendasi 2 aplikasi yaitu:

Soal CPNS 2018

Bank Soal CPNS 2018 TES CPNS ASN SKD TIU TKW CAT TPA

Tinggalkan Balasan